Terima Kasih Telah Mampir Di Blog MUHAMMAD KHAIRUL AMRY. Semoga apa yang sobat cari ditemukan disini. Jangan lupa kritik dan saran untuk perbaikan Blog ini kedepannya. Thankss...
Powered By Blogger

Friday 27 September 2013

Imam An-Nawawi

Riwayat Hidup Imam An-Nawawi


=============================
Al-Hafidz Adz-Dzahabi dalam bukunya Tadzkiratul Huffadz (juz.4, hal. 1472) dan Ibnu Qadhi Syuhbah dalam Thabaqotus Syafi'iyyah (juz. 2, hal. 194) di dalam bab biografi Imam Nawawi berkata :

Beliau adalah Al-Imam Al-Hafidz Muhyiddin Abu Zakaria Yahya bin Syarf bin Muri bin Al-Hizami Al-Haurani As-Syafi'i, penulis banyak kitab, lahir pada bulan Muharram 631 H di kota Nawa (oleh sebab itu beliau dikenal dengan An-Nawawi). Beliau menginjakkan kakinya di kota Baghdad pada tahun 649 H dan tinggal di sekolah Ar-Ruhiyyah. Setiap harinya beliau hanya makan sedikit roti yang dibagikan di sekolah tersebut.

Beliau pernah berkata, "Kurang lebih dua tahun saya tinggal di sekolah Ar-Ruhiyyah dan selama itu pula saya tidak pernah tidur berbaring."  Dalam waktu empat setengah bulan beliau berhasil menghafalkan kitab At-Tanbih dan dalam waktu tujuh setengah bulan beliau berhasil menghafalkan kitab seperempat kitab Al-Muhadzdzab. Beliau sempat mengoreksi hafalan beliau tersebut di depan gurunya As-Syeikh Kamal Ishaq bin Ahmad.

Salah seorang murid beliau As-Syeikh Abu Hasan bin Al-Atthar pernah mendengar dari beliau bahwa beliau Imam Nawawi setiap harinya membaca 12 materi pelajaran dengan men-syarah dan men-tashih di hadapan guru-gurunya yaitu 2 materi dari kitab Al-Wasith (Figih), 1 materi dari kitab Al-Muhadzdzab (Figih), 1 materi dari kitab Al-Jam'u baina Sahihain (Metodologi Hadits), 1 materi dari kitab Shahih Muslim (Hadits), 1 materi dari kitab Al-Luma' karya Ibnu Jinni (Nahwu), 1 materi tentang Ishlahul Mantiq (Etimologi), 1 materi di bidang Shorof, 1 materi di bidang Ushul Figih (terkadang membaca kitab Al-Luma' karya Abu Ishaq atau terkadang membaca kitab Al-Muntakhab karya Fakhruddin Ar-Razy), 1 materi di bidang Asma'ul Rijal (kitab yang menerangkan tentang perawi hadits), 1 materi di bidang Teologi, dan 1 materi lagi di bidang Nahwu.

Kemudian beliau Imam Nawawi menambahkan, "Semua buku yang saya baca tadi, saya komentari, terkadang men-syarah kalimat-kalimat yang sulit, menjelaskan beberapa makna, atau mengkoreksi susunan bahasanya. Semoga Alloh selalu memberkahi waktuku."

Abu Al-Atthar menyebutkan gurunya Imam Nawawi pernah bercerita kepadanya bahwa beliau tidak pernah mensia-siakan waktunya sekejap pun. Waktu beliau selalu habis untuk menuntut ilmu, bahkan di jalan pun beliau selalu membaca dan hal itu berlangsung selama 6 tahun.

Beliau juga mengarang, mengajar dan memberikan nasehat-nasehat dalam hal kebaikan. Sehari semalam beliau hanya makan sekali pada akhir Isya' (menjelang waktu sahur), begitu juga dengan minum.

Beliau selalu sibuk mengarang, menyebarkan ilmu, beribadah, berdzikir, berpuasa dan sabar akan kehidupannya yang serba pas-pasan, baik dalam hal sandang maupun pangan. Pakaian beliau pun terbuat dari kulit.

Beliau berpulang ke rahmatullah pada tahun 676 H pada usia yang relatif muda 45 tahun. Sampai akhir hayatnya, beliau meninggalkan banyak karangan besar. Betapa berkahnya umur beliau.


[Disarikan dari Nilai Waktu Menurut Ulama, Abdul Fattah Abu Ghuddah, cetakan I, 1996, penerbit Pustaka Amani, Jakarta]

Saturday 21 September 2013

PUISI ROMATIS ALA ALA'AN


KENANGAN INDAH BERSAMAMU

Saat ku teteskan air mata ini
Akan kah kau merasakan apa yang saat ini ku rasakan?
Dalam semua kesedihan yang kurasakan saat ini
Ketika kau lepaskan diriku dari semua hidupmu,
Air mata ini yang kan selalu temani ku..
Temani disetiap jejak langkahku,
Bersama kenangan indah yang tertinggal dihati ini..

Saat ku ingat semua yang telah kita jalani
Ku tak kuasa menahan air mata..

Saat kau lepaskan cintaku
yang tulus ku berikan hanya tuk dirimu,
tapi kini semua telah sirna bersama kepergianmu..
kini hanya bayang mu yang kan temani diriku
dalam setiap malam ku…

andaikan sekarang kau tahu diriku saat ini..
ku telah terpuruk dalam semua kenangan indah bersamamu…
Tak kuasa lagi ku untuk
melanjutkan semua hidup ini
bila tidak engkau temani ku dalam semua hidupku…

Ku tak menyangka betapa sakitnya kehilangan cinta sejati..
Mungkin aku hanya bisa berharap kepada sesuatu,
sesuatu yang tidak pasti untukku,,
tapi ingin ku yankinkan satu hal kepadamu…
Aku akan selalu mencintaimu

meski dirimu tidak akan bisa lagi ku miliki…
Cinta ini akan selalu terjaga sampai nanti ku
tidak bisa lagi untuk terbangunkan dari tidurku…
 

CINTAKU

Kurangkai kata indah untuk buatmu tahu
Yang kuucap tak sekedar kata indah
Kuingin kau percaya yang kurasa cinta
Cinta yang indah untuk dirimu yang terindah

Walau kau bersamanya
Meski kau bukan milikku
Dan kutak mungkin menyentuh hatimu
Bagiku kau tetap indah yang terindah

Cinta tak berarti memiliki
Begitu juga dengan semua yang indah
Namun,
Memiliki cinta yang indah adalah anugerah

Jika aku bukan yang kau inginkan
Kukan relakanmu dipeluknya
Menjalani cinta yang indah dengannya
Meski kuterluka.

Kukan terima kenyataan pahit ini
Walau hatiku hancur karena mencintaimu
Mengharap yang indah darimu
Bagiku cinta tetaplah indah

Karena cinta, dua insan dapat menyatu
Menjalani sesuatu yang abadi
Meski cinta yang ku miliki tak kau balas
Cintaku kan selalu indah untukmu

PERKEMBANGAN EMOSI ( psikologi )



KATA PENGANTAR

Makalah ini dibuat sebagai salah satu tugas mata kuliah Psikologi Pendidikan. Dalam makalah ini yang akan dibahas yaitu tentang Perkembangan Emosi. Dalam pembahasan perkembangan emosi ini akan memberikan manfaat bagi kami para mahasiswa dan para pembaca agar lebih memahami dan mengetahui bagaimana perkembangan emosi pada anak-anak khususnya.
Dan Puji Syukur kehadirat Allah subhanahu wa ta’ala atas lindungan dan ijin Nya, akhirnya penulis dapat menyelesaikan makalah ini .
Dengan di buatnya makalah mengenai Proses Perkembangan Kognitif , diharapkan kita dapat mengetahui lebih dalam bagaimana proses yang terkait dalam perkembangan emosi, sehingga kita sebagai oarangtua atau pendidik dapat memberikan ajaran yang baik dalam pemberian materi dan motivasi belajar sebagai upaya untuk mendukung proses perkembangan emosi.
Penulis sangat menyadari bahwa masih banyak terdapat kekurangan di dalam penyusunan makalah ini, untuk itu kami mohon maaf yang sebesar-besarnya dan mohon kiranya diberi masukan dalam rangka melakukan perbaikan dan menjadi lebih baik di lain waktu. Semoga makalah ini memberikan manfaat bagi orang banyak dan menambah wawasan bagi kita semua.

                                                                                    Jakarta, Desember 2010
Penyusun




DAFTAR ISI

Kata Pengantar…………………………………………………………………….................2
Daftar Isi…….…………………………………………………………………..……………3
Bab I Pendahuluan………………...………………………………………………………….4
Bab 2 Landasan Teori…………………………………………………………………………5-16
A.  Perkembangan Emosi……………………………………………………………………..5-13
B.  Teori Attachment……………………………………………………………………........14-16
Bab 3 Kesimpulan……………………………………………………………………………17-18
Daftar Pustaka………………………………………………………………………………..19











BAB 1 PENDAHULUAN

Perkembangn emosi merupakan suatu pembahasan yang sangat menarik dan sangat penting untuk dibahas dan kemudian di praktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Baik bagi para orangtua, pengasuh maupun guru, karena terkait dengan perkembangan emosi akan sangat memberikan dampak yang baik bagi anak dalam proses pendidikan dan pengajaran kepada anak.
Emosi terkait dengan bagaimana anak bersikap dalam tingkah laku mereka yang dipengaruhi oleh pengalaman anak dalam menyesuaikan kondisi mereka tantang keadaan mental dan fisik anak, seperti marah, takut, gembira, bahagia dan sebagainya. Dengan pengertian tersebut maka sangat penting bagi kita semua terkait sebagai seorang orangtua, guru atau pengasuh seorang anak, mampu memahami perkembangan emosi anak sejak dini. Perkembangan emosi tersebut terkait dengan apa pengertian dan hakikat dari emosi dan perkembangannya, tahapan perkembangan emosi anak, serta ciri-ciri dan bagaimana caranya agar kita sebagai pengasuh anak mampu mendidik anak dengan baik tanpa mengganggu emosi dalam tingkah laku anak.
Banyak kita dapati berbagai persoalan terkait dengan masalah emosi pada anak dan merupakan suatu hal yang mendasar bagi kita semua bahwa emosi akan memberikan pengaruh yang besar bagi tingkah laku, sikap / afektif anak dalam kesehariannya. Emosi dalam pembahasan makalah kali ini, terkait pula dengan bagaimana orang tua memberikan pola asuh dan sentuhan “attachment” pada anak. Contoh kasus yang sering kita temukan terdapat anak dengan pola asuh didikan orangtua yang otoriter, dan sentuhan yang jarang sekali ia dapatkan, lalu dengan pola asuh dan didikan tersebut menjadikan anak tersebut anak yang tidak peduli dengan sekitarnya, pemarah dan hal negatif lainnya. Oleh karena dalam pembahasan kali ini penulis akan membahas mengenai perkembangan emosi dalam Bab 2 Landasan Teori.



BAB 2 LANDASAN TEORI

A.    Perkembangan Emosi
1.   Pengertian Emosi
           Menurut English and English emosi adalah “A complex feeling state accompanied by characteristic motor and glandular activities, yaitu suatu keadaan perasaan yang kompleks yang disertai karakteristik kegiatan kelenjar dan motoris. Menurut Crow & Crow (1958) pengertian emosi adalah pengalaman afektif yang disertai penyesuaian dari dalam diri individu tentang keadaan mental dan fisik yang berwujud suatu tingkah laku yang tampak. Emosi merupakan setiap keadaan pada diri seseorang yang disertai warna afektif baik pada tingkat lemah maupun pada tingkat yang luas.  Warna afektif disini dapat diartikan sebagai perasaan-perasaan tertentu yang dialami pada saat menghadapi (menghayati) suatu situasi tertentu, contohnya gembira, bahagia, putus asa, terkejut, benci, tidak senang dan sebagainya (Yusuf  Syamsu, 2006). Kadang seseorang masih dapat mengontrol keadaan dirinya sehingga emosi yang dialami tidak tercetus keluar dengan perubahan atau tanda-tanda fisiknya. 
2.  Ciri – Ciri Emosi
                        Emosi sebagai suatu peristiwa psikologis mengandung ciri – ciri sebagai berikut :
a.  Lebih bersifat subyektif daripada peristiwa psikologis lainnya, seperti pengamatan dan  berpikir
b.  Bersifat fluktuatif (tidak tetap)
c.  Banyak bersangkut paut dengan peristiwa pengenalan panca indera
Mengenai ciri-ciri emosi ini dapat dibedakan antara emosi anak dan emosi pada orang dewasa sebagai berikut :
Emosi Anak
Emosi Orang Dewasa
1. Berlangsung singkat dan berakhir tiba-tiba
1. Berlangsung lebih lama dan berakhir dengan lambat
2. Terlihat lebih hebat dan kuat
2. Tidak terlihat hebat / kuat
3. Bersifat sementara / dangkal
3. Lebih
4. Lebih sering terjadi
4. Jarang terjadi
5. Dapat diketahui dengan jelas dari tingkah lakunya
5. Sulit diketahui karena lebih pandai menyembunyikannya

3.  Pengaruh Emosi Terhadap Perilaku dan Perubahan Fisik Individu
Ada beberapa contoh pengaruh emosi terhadap perilaku individu diantaranya :
a.       memperkuat semangat, apabila orang merasa senang atau puas atas hasil yang telah dicapai
b.      melemahkan semangat, apabila timbul rasa kecewa karena kegagalan dan sebagai puncak dari keadaan ini ialah timbulnya rasa putus asa (frustasi).
c.       menghambat atau mengganggu konsentrsi belajar, apabila sedang mengalami ketegangan emosi dan bisa juga menimbulkan sikap gugup (nervous) dan gagap dalam berbicara.
d.      terganggu penyesuaian sosial, apabila terjadi rasa cemburu dan iri hati
e.       suasana emosional yang diterima dan dialami individu semasa kecilnya akan mempengaruhi sikapnya dikemudian hari, baik terhadap dirinya sendiri maupun terhadap orang lain.



4. Perkembangan Emosi Balita
Di usia batita anak berkembang ke arah kemandirian. Ia ingin menunjukkan bahwa dirinya mampu. Dukungan dan kesabaran dari orangtua penting untuk membantu anak mencapai tugas perkembangan tersebut.
1.      Demonstrasi kasih sayang
Anak usia ini senang mengeksplorasi berbagai perasaan menyenangkan yang timbul dari kontak fisik. Misal setiap kali orangtua membuka tangan, batita pasti akan berlari menghampiri untuk masuk dalam pelukan orangtuanya.
2.      Perhatian secara personal
Batita selalu menuntut perhatian secara personal sebab di usia ini anak sedang berada dalam fase egosentris. Ia ingin semua menjadi miliknya dan hanya untuk dirinya.
3.      Mood gampang berubah
Anak batita sangat moody. Mudah baginya berganti suasana hati dalam waktu sekejap. Di usia ini anak mulai sadar bahwa dirinya adalah individu yang terpisah dari orangtuanya sehingga segala sesuatunya ingin dilakukan sendiri. Sementara di sisi lain kemampuannya masih sangat terbatas.
4.      Cari perhatian
Ini adalah salah satu ekspresi emosi yang khas dimiliki anak batita. Ia senang sekali "pamer" kemampuan. Pahadal sesuai tahapan perkembangannya, ada saja kemampuan baru yang dikuasainya hampir setiap hari.
5.      Suka menyengaja
Batita suka menyengaja. Ini dilakukan semata-mata untuk melihat repons sekelilingnya. Bisa juga karena anak belum paham risiko dari perbuatannya, tapi mungkin juga anak sekadar menikmati reaksi yang ditampilkan orangtua.
6.      Melempar sesuatu saat marah
Di usia ini anak belum bisa mengendalikan emosinya secara sempurna tapi kemampuan motoriknya, terutama melempar benda, sudah bisa dilakukan.
7.      Keras kepala
Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, di usia ini anak sedang berada pada fase egosentris. Anak maunya menang sendiri dan keras kepala. Apa yang sudah jadi keinginannya seakan tak terbantahkan. Ini adalah bagian dari perkembangan yang wajar.
8.      Narsisme
Anak batita "narsis" mengagumi diri sendiri. Anak usia ini selalu merasa dirinya yang paling baik, pintar, cantik/ganteng, disayang dan sebagainya sehingga ia merasa berhak atas segala sesuatu yang ada di dunia ini.
5. Perkembangan Emosi Anak
Enam tahapan perkembangan yang harus dilalui anak:
1.      Regulasi diri dan minat terhadap lingkungan
Kemampuan anak untuk mengolah rangsang dari lingkungan dan menenangkan diri. Bila anak masih belum mampu meregulasikan diri maka ia akan tenggelam dalam usaha mencari rangsang yang dibutuhkannya atau sebaliknya menghindari rangsang yang membuatnya tidak nyaman.
2.      Keakraban-keintiman
Kemampuan anak untuk terlibat dalam suatu relasi yang hangat, akrab, menyenangkan dan penuh cinta.
3.      Komunikasi dua arah
Kemampuan anak untuk terlibat dalam komunikasi dua arah, menutup siklus komunikasi (aksi-reaksi). Komunikasi di sini tidak harus verbal, yang penting ia bisa mengkomunikasikan intensi/tujuannya dan kemudian mengenal konsep sebabakibat (berpikir logis) dan konsep diri. la mulai menyadari bahwa tingkah lakunya berdampak terhadap lingkungan. Sehingga mulai muncul keinginan untuk aktif memilih/ menentukan pilihan dan berinisiatif.
4.      Komunikasi kompleks
Kemampuan anak untuk menciptakan komunikasi kompleks, mengekspresikan keinginan dan emosi secara lebih berwarna, kompleks dan kreatif. Mulai menyertakan keinginannya dalam bermain, tidak hanya mengikuti perintah atau petunjuk pengasuh/orang tua. Selanjutnya hal ini akan menjadi dasar terbentuknya konsep diri dan kepribadian. la mampu memahami pola karakter dan tingkah laku orang lain sehingga mulai memahami apakah tingkah lakunya disetujui atau tidak, akan dipuji atau diejek, dll sehingga mulai berkembang kemampuan memprediksi kejadian dan kemudian mengarah pada kemampuan memecahkan masalah berdasarkan keurutan logis.
5.      Ide emosional
Kemampuan anak untuk menciptakan ide, mengenal simbol, termasuk bahasa yang melibatkan emosi.
6.      Berpikir emosional
Kemampuan anak untuk menciptakan kaitan antar berbagai ide sehingga mampu berpikir secara logis dan sesuai dengan realitas. Mampu mengekspresikan berbagai emosi dalam bermain, memprediksi perasaan dan akiba' dari suatu aktifitas, mengenal konsep ruang, waktu serta bisa memecahkan masalah secara verbal dan memiliki pendapatnya sendiri. Bila anak bisa mencapai kemampuan ini maka ia akan siap belajar berpikir abstrak dan mempolajari strategi berpikir.

Pada umumnya, ada empat kunci utama emosi pada anak yaitu :
1. perasaan marah; perasaan ini akan muncul ketika anak terkadang merasa tidak nyaman dengan lingkungannya atau ada sesuatu yang mengganggunya. Kemarahan pun akan dikeluarkan anak ketika merasa lelah atau dalam keadaan sakit. Begitu punketika kemauannya tidak diturutioleh orangtuanya, terkadang timbulrasa marah pada sianak.
2. perasaan takut; rasa takutini di rasakan anak semenjak bayi. Ketika bayi merekatakut akan suara-suara yang gaduh atau rebut. Ketika menginjak masa anak-anak, perasaan takut mereka muncul apabila di sekelilingnya gelap. Mereka pu mulai berfantasi dengan adanya hantu, monster dan mahluk-mahluk yang menyeramkan lainnya.
3. perasaan gembira; perasaan gembira ini tentu saja muncul ketika anak merasa senang akan sesuatu. Contohnya ketika anakdiberi hadiaholeh orang tuanya, ketika anak juara dalam mengikuti suatu lomba, atau ketika anak dapat melakukan apa yang diperintahkan orang tuanya. Banyak hal yang dapat membuat anak merasa gembira.
4. rasa humor; Tertawa merupakan hal yang sangat universal. Anak lebih banyak tertawa di bandingkan orang dewasa. Anak akan tertawa ketika melihat sesuatu yang lucu.
Keempat perasaan itu merupakan emosi negatif dan positif. Perasaan marah dan ketakutan merupakan sikap emosi yang negative sedangkan perasaan gembira dan rasa lucu atau humor merupakan sikap emosi yang positif.
6. Perkembangan Emosi Remaja
                        Masa remaja secara tradisional dianggap sebagai periode “badai dan tekanan”, dimana pada masa itu emosi meninggi sebagai akibat dari perubahan fisik dan kalenjar. Biehler (1972) membagi ciri-ciri emosional remaja menjadi dua rentang usia, yaitu usia 12-15 tahun dan usia 15-18 tahun.
• Ciri-ciri emosional usia 12-15 tahun :
1.            Cenderung banyak murung dan tidak dapat diterka
2.            Berlaku kasar untuk menutupi kekurangan dalam hal rasa percaya diri
3.            Kemarahan biasa terjadi
4.            Cenderung tidak toleran terhadap orang lain dan ingin selalu menang sendiri
5.            Mulai mengamati orang tua dan guru-guru mereka secara objektif

• Ciri-ciri emosional remaja usia 15-18 tahun
:
1.            “Pemberontakan” remaja merupakan ekspresi dari perubahan yang universal dari masa kanak-kanak menuju dewasa
2.            Banyak remaja mengalami konflik dengan orang tua mereka
3.            Sering kali melamun, memikirkan masa depan mereka
Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan emosi remaja :
Sejumlah penelitian tentang emosi remaja menunjukan bahwa perkembangan emosi mereka bergantung pada faktor kematangan dan faktor belajar. Kematangan dan belajar terjalin erat satu sama lain dalam mempengaruhi perkembangan emosi. Perkembangan intelektual menghasilkan kemampuan untuk memahami makna yang sebelumnya tidak dimengerti dimana itu menimbulkan emosi terarah pada satu objek. Kemampuan mengingat juga mempengaruhi reaksi emosional. Dan itu menyebabkan anak-anak menjadi reaktif terhadap rangsangan yang tadinya tidak mempengaruhi mereka pada usia yang lebih muda.
Kegiatan belajar juga turut menunjang perkembangan emosi. Metode belajar yang menunjang perkembangan emosi, antara lain yaitu :
a.       Belajar dengan coba-coba
Anak belajar secara coba-coba untuk mengekspresikan emosi dalam bentuk perilaku yang memberikan pemuasan terbesar kepadanya dan menolak perilaku yang memberikan pemuasan sedikit atau sama sekali tidak memberikan kepuasan.
b.      Belajar dengan cara meniru
Dengan cara mengamati hal-hal yang membangkitkan emosi orang lain. Anak-anak bereaksi dengan emosi dan metode ekspresi yang sama dengan orang-orang yang diamatinya.
c.       Belajar dengan mempersamakan diri
Anak menyamakan dirinya dengan orang yang dikagumi dan mempunyai ikatan emosional yang kuat dengannya. Yaitu menirukan reaksi emosional orang lain yang tergugah oleh rangsangan yang sama.
d.      Belajar melalui pengkondisian
Dengan metode ini objek situasi yang pada mulanya gagal memancing reaksi emosional, kemudian dapat berhasil dengan cara asosiasi. penggunaan metode pengkondisian semakin terbatas pada perkembangan rasa suka dan tidak suka, setelah melewati masa kanak-kanak.
e.       Pelatihan atau belajar di bawah bimbingan dan pengawasan
Dengan pelatihan, anak-anak dirangsang untuk bereaksi terhadap rangsangan yang biasa membangkitkan emosi yang menyenangkan dan dicegah agar tidak bereaksi secara emosional yang tidak menyenangkan.
7.  Peranan Emosi dalam Proses Berpikir
1)         mengarahkan aksi dan tingkah laku
2)         memungkinkan mengontrol tingkah laku
3)         memberi arti terhadap pengalaman
4)         menyimpan, mengorganisasi dan mengingat kembali pengalaman
5)         menggagas pengalaman baru
6)         memecahkan masalah
7)         berpikir kreatif, selektif, logis, tidak idiosinkretik (aneh)
8)         memahami kalimat lisan maupun tulisan ('rasa' bahasa)
9)         memahami konsep kuantitas, waktu, ruang, sebab-akibat yang bersifat 'relatif
10)     membentuk konsep diri, pengertian atas diri (dengan membandingkan
11)     perasaan dengan situasi yang dialaminya)
12)     memisahkan realitas dan fantasi
13)     mengendalikan tingkatan perkembangan emosi, sosial dan intelektual

8.Peran Keluarga dan Sekolah Terhadap Perkembangan Emosi

John Mayer, psikolog dari University of New Hampshire, mendefinisikan kecerdasan emosi yaitu kemampuan untuk memahami emosi orang lain dan cara mengendalikan emosi diri sendiri. Lebih lanjut pakar psikologi Cooper dan Sawaf (1998) mengatakan bahwa kecerdasan emosional kemampuan merasakan, memahami, dan secara selektif menerapkan daya dan kepekaan emosi sebagai sumber energi dan pengaruh yang manusiawi. Dapat disimpulkan Kecerdasan emosi dapat diartikan kemampuan untuk mengenali, mengelola, dan mengekspresikan dengan tepat, termasuk untuk memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain, serta membina hubungan dengan orang lain. Guru dan keluarga dapat mengembangkan keterampilan kecerdasan emosional seorang anak dengan memberikan beberapa cara yaitu:
1.         Mengenali emosi diri anak, mengenali perasaan anak sewaktu perasaan yang dirasakan terjadi merupakan dasar kecerdassan emosional. kemampuan untuk memantau peraaan dari waktu kewaktu merupakan hal penting bagi pemahahaman anak.
2.         Mengelola emosi, menangani perasan anak agar dapat terungkap dengan tepat kemampuan untuk menghibur anak , melepasakan kecemasan kemurungan atau ketersinggungan, atau akibat – akibat yang muncul karena kegagalan.
3.         Memotivasi anak, penataan emosi sebagai alat untuk mencapai tujuan adalah hal yang sangat penting dalam keterkaitan memberi perhatian dan kasih sayang untuk memotivasi anak dalam melakukan kreasi secara bebas.
4.         Memahami emosi anak.
6.         Membina hubungan dengan anak, Setelah kita melakukan identifikasi kemudian kita mampu mengenali, hal lain yang perlu dilakukan untuk dapat mengembangkan kecerdasan emosional yaitu dengan memelihara hubungan.
7.         Berkomunikasi “dengan jiwa “, Tidak hanya menjadi pembicara terkadang kita harus memberikan waktu lawan bicara untuk berbicara juga dengan demikian posisikan diri kita menjadi pendengar dan penanya yang baik dengan hal ini kita diharapkan mampu membedakan antara apa yang dilakukan atau yang dikatakan anak dengan reaksi atau penilaian.











B.     Attachment
Dalam pembahasan perkembangan emosi, kali ini penulis juga menyajikan teori attachment karena sangat terkait dengan perkembangan emosi itu sendiri. Telah kita ketahui bahwa attachment atau kelekatan dan sentuhan drai pengasuh / pendidik anak sangat memberikan dampak baik positif maupun negative dari attachment yang diberikan. Berikeut pembahasannya.
1.         Pengertian Attachment
Attachment adalah ikatan emosional kepada orang lain. Psikolog John Bowlby adalah penemu theory attachment pertama, yang menggambarkan teori tersebut sebagai "keterhubungan psikologis abadi antara manusia" (Bowlby, 1969, hal 194). Bowlby percaya bahwa hubungan awal dibentuk oleh anak-anak dengan pengasuh mereka memiliki dampak yang luar biasa yang berlanjut sepanjang hidup. Menurut Bowlby, teori juga berfungsi untuk menjaga bayi dekat sang ibu, sehingga meningkatkan kemungkinan anak untuk bertahan hidup.
Tema sentral dari teori ini adalah bahwa ibu yang bersedia dan responsif terhadap kebutuhan bayi mereka akan membangun rasa aman. Bayi tahu bahwa pengasuh dapat diandalkan, yang membuat dasar yang aman bagi anak untuk kemudian menjelajahi dunia.
2.         Karakteristik Teori Attachment :

Teori Attachment memiliki 4 karakteristik sebagai berikut :
1.      Safe Haven: Ketika anak merasa terancam atau takut, ia dapat kembali ke pengasuh untuk kenyamanan dan menenangkan.
2.      Secure Base: pengasuh ini menyediakan dasar yang aman dan dapat diandalkan bagi anak untuk menjelajahi dunia.
3.      Kedekatan Pemeliharaan: Si anak berusaha untuk tinggal di dekat pengasuh, sehingga menjaga anak yang aman.
4.      Pemisahan Distress: Ketika dipisahkan dari pengasuh, anak akan menjadi marah dan tertekan.
3.      Karakteristik Attachment menurut Ainsworth :

Dalam penelitiannya tahun 1970-an, psikolog Mary Ainsworth memperluas teori attachment atas dasar karya asli Bowlby's. Terobosan nya "Situasi berbahaya" menunjukkan efek mendalam dari teori attachment pada perilaku. Dalam studi tersebut, peneliti mengamati anak-anak antara usia 12 dan 18 bulan ketika mereka merespon situasi di mana mereka ditinggalkan sendirian sebentar dan kemudian bersatu kembali dengan ibu mereka (Ainsworth, 1978).
Berdasarkan tanggapan para peneliti yang mengamati, Ainsworth menggambarkan tiga gaya utama attachment: secure attachment, ambivalent-insecure attachment, dan  avoidant-insecure attachment. Sejumlah penelitian sejak saat itu telah mendukung teori attachment  Ainsworth dan telah menunjukkan bahwa teori attachment juga berdampak pada perilaku di kemudian hari. Karaekteristik Teori Attachment Ainsworth :
1.      Karakteristik secure attachment : penderitaan yang dirasakan anak-anak menunjukkan kalau terpisah dari pengasuh dan merasa bahagia ketika kembali bersama pengasuh mereka. Ingat, anak-anak merasa aman dan mampu tergantung pada pengasuhan orang dewasa/pengasuhnya. Ketika seorang pengasuhnya pergi meninggalkannya, anak mungkin marah tetapi dia merasa yakin bahwa orang tua atau pengasuh akan kembali. Ketika takut, anak-anak akan mencari kenyamanan dari pengasuh. Anak-anak tahu orang tua atau pengasuh akan memberikan kenyamanan dan jaminan, sehingga mereka merasa nyaman pada saat mereka membutuhkannya.

2.      Karakteristik ambivalent-insecure attachment
Ambivalently anak terpasang biasanya menjadi sangat sedih ketika orangtua pergi. Teori attachment dianggap relatif jarang terjadi, diperkirakan berpengaruh 7-15% anak-anak di AS. Penelitian menunjukkan bahwa attachment ambivalen adalah hasil dari ketersediaan para ibu miskin. Anak-anak ini tidak dapat bergantung pada ibu mereka (atau pengasuh) berada di sana ketika anak sedang membutuhkan.

3.      Karakteristik Avoidant Attachment
Anak-anak dengan lampiran avoidant cenderung menghindari orang tua atau pengasuh. Ketika menawarkan pilihan, anak-anak akan menunjukkan tidak ada preferensi antara pengasuh dan orang asing. Penelitian telah menunjukkan bahwa teori attachment ini mungkin akibat dari pengasuh yang kasar atau lalai. Anak-anak yang dihukum karena mengandalkan pengasuh akan belajar untuk menghindari mencari bantuan di masa depan.

Permasalahan anak dengan attachment

Apa yang terjadi pada anak-anak yang tidak mendapatkan perasaan secure attachment? Penelitian menunjukkan bahwa kegagalan untuk mendapatkan perasaan secure pada awal kehidupan dapat berdampak negatif pada perilaku di masa kecil kemudian dan sepanjang hidup. Anak-anak didiagnosis dengan gangguan menentang-pemberontak (ODD), gangguan perilaku (CD), atau post-traumatic stress disorder (PTSD) terdapat masalah pada attachmennya, mungkin karena suatu pelecehan, atau trauma. Dokter menyarankan bahwa anak-anak yang diadopsi setelah usia enam bulan memiliki risiko lebih tinggi masalah dengan attachment.
Sementara teori attachment ditampilkan di masa dewasa tidak harus sama dengan yang terlihat pada bayi, penelitian menunjukkan bahwa attachment dini dapat memiliki dampak serius pada hubungan nanti. Misalnya, mereka yang memiliki attachment yang di masa kecil cenderung memiliki harga diri yang baik, hubungan romantis yang kuat, dan kemampuan untuk mengungkapkan diri kepada orang lain.







BAB 3 KESIMPULAN

Dari pembahasan berupa landasan teori di atas, penulis dapat manrik berbagai kesimpulan sebagai berikut :
4.     Emosi merupakan setiap keadaan pada diri seseorang yang berupa sikap/tingkah laku terhadap penyesuaian dari atas situasi tertentu seperti marah, senang, gembira atau sedih.
5.     Emosi pada anak-anak dan orang dewasa memiliki cirri khas yang berbeda. Hal itu dapat dikatakan karena perkembangan emosi pada masa anak-anak belum dipengaruhi oleh banyak penyesuaiam terhadap factor lingkungan luar namun masih banyak dipengaruhi oleh gen / factor keturunan juga factor lainnya semasa ia masih dalam kandungan.
6.     Di usia batita anak berkembang ke arah kemandirian. Ia ingin menunjukkan bahwa dirinya mampu. Dukungan dan kesabaran dari orangtua penting untuk membantu anak mencapai tugas perkembangan tersebut. Berikut tugas perkembangan usia Batita yang perlu diperhatikan bagi para pengasuh/pendidik   : a) Demonstrasi kasih sayang, b) Perhatian secara personal, c) Mood gampang berubah, d) Cari perhatian, e) Suka menyengaja, f) Melempar sesuatu saat marah, g) Keras kepala, h) Narsisme.
7.     ada empat kunci utama emosi pada anak yaitu :1) perasaan marah, 2) perasaan takut, 3) perasaan gembira, 4) rasa humor.
8.     Masa remaja secara tradisional dianggap sebagai periode “badai dan tekanan”, dimana pada masa itu emosi meninggi sebagai akibat dari perubahan fisik dan kalenjar
9.     Peran Keluarga dan Sekolah Terhadap Perkembangan Emosi anak :
1.         Mengenali emosi diri anak,
2.         Mengelola emosi,
3.         Memotivasi anak
4.         Memahami emosi anak.
5.         Membina hubungan dengan anak,.
6.         Berkomunikasi “dengan jiwa “.
7.      Attachment adalah ikatan emosional kepada orang lain. Ada 3 teori Answorth mengenai Attachment pada anak yang dapat membantu perkembangan emosionalnya :
1.      Secure attachment, ketika anak merasakan kelekatan dan terdapat sentuhan yang nyaman bagi anak. Hal tersebut akan memberikan pengaruh yang positif dalam perkembangan emosinya.
2.      Ambivalent-insecure attachment, ketika orangtua memberikan suatu kelekatan atau sentuhan yang tanpa disertai rutinitas atau disesuaikan kebetuhan anak. Hal ini akan menjadikan anak cenderung bingung dan tidak terlalu membutuhkan perhatian saat ia sebenarnya membutuhkan.
3.      Avoidant Attachment, ketika anak-anak menghindari pengasuhnya, akibat tidak pernah mendapatkan kelekatan atau sentuhan yang nyaman dan dibutuhkan anak.



DAFTAR PUSTAKA

Elizabeth B.Hurlock, 1978, ”Child Development”,Sixth Edition,McGraw-Hill, Alih     
Bahasa  Meitasari Tjandrasa,1999.
 William M.Cruickshank. 1980, ”Psychology of Exceptional Children and Youth” Fourth
Edition, Prentice-Hall,Inc.,Englewood Cliffs.
Materi PPD
Powered by Blogger.