Terima Kasih Telah Mampir Di Blog MUHAMMAD KHAIRUL AMRY. Semoga apa yang sobat cari ditemukan disini. Jangan lupa kritik dan saran untuk perbaikan Blog ini kedepannya. Thankss...

Thursday, 18 April 2013

ARISTOTELES



ARISTOTELES
Aristoteles dilahirkan di stageria,Yunani utara pada tahun 384 sm.Ayahnya seorang Dokter pribadi di Raja macedonia Amyntas.karena kehidupannya dilingkungan istana ia mewarisi keahliannya dalam pengetahuan empiris dari ayahnya.pada usia 17 thn ia dkirim ke Athena untuk belajar di akademia plato selama 20 thn.
Karya-karya Aristoteles berjumlah delapan pokok bahasan yaitu sbb:
1. logika
2. filsafat agama
3. psikologi
4. biologi
5. metafisika
6. etika
7.politik dan ekonomi
8. retorika

1.Beberapa Pemikiran Aristoteles,yaitu:
            a.Ajaran tentang logika
Di dunia filsafa,Aristoteles terkenal sebagai Bapak Logika.logikanya disebut tradisional karena nantinya berkembang apa yang disebut logika modern.logika Aristoteles itu sering di sebut Logika Formal.
            b. Ajaran tentang Silogisme
Pengetahuan manusia hanya dapat ditentukan dengan dua cara yaitu:induksi dan deduksi.induksi adalah suatu proses berfikir yang bertolak pada hal yang khusus untuk mencapai kesimpulan sifatnya umum.sedangkan deduksi adalah proses berfikir yang bertolak pada dua kebenaran yang tidak di ragukan lagi untuk mencapai kesimpulan sebagai kebenaran yang ketiga.
            c.Ajaran tentang ilmu pengelompokan ilmu pengetahuan
Menurut Aristoteles Episteme adalah suatu kumpulan yang teratur dari pengetahuan rasional dengan objeknya yang tepat.pengetahuan rasional dapat dibedakan menjadi tiga bagian yang disebut:
1.      Praktike(pengetahuan praktis)diantaranya:etika dan politik
2.      Politike(pengetahuan produktif)diantaranya:teknik dan kesenian
3.      Theoretike(pengetahuan teoretis)diantaranya:fisika,matematika,dan metafisika

d.Ajaran tentang Aktus dan potensia
Mengenai realitas yang ada,Aristoteles tidak sependapat dengan gurunya Plato yang mengatakan bahwa segala sesuatu itu ada pada dunia ide.menurut Aristoteles yang ada itu berada pada hal yang khusus dan konkrit(empiris).dengan kata lain titik ajarannya adalahajaan Plato tentang ide.keberadaan manusia bukanlah di dunia ide tapi manusia berada pada realitas yang konkrit,yang bermacam-macam,berubah-rubah,dan itulah realitas yang sesungguhnya.setiap benda yang konkrit itu terdiri dari Hulle dan Morfe.Hulle adalah suatu unsur yang bermacam-macam sedangkan morfe adalah unsur yang pnting menjadi dasar kesatuan.

e.Ajaran tentang pengenalan
                        terdapat dua macam pengenalan yaitu:pengenalan indrawi dan rasional.pengenalan indrawi adalah kita dapat memperoleh pengetahuan tentang bentuk benda dan hanya mengenal hal-hal yang konkrit.sedangkan pengenalan rasional kita dapat mengenal pengetahuan tentang hakikat dari suatu benda.

            f.Ajaran tentang Etika
Aristoteles tentang etika adalah dapat di katakan etika adalah sarana untuk kencapai kebahagiaan dan merupakan sebagai barangyang tetinggi dalam kehidupan.etika dapat mendidik manusia memilki sikap pantas dalam segala perbuatan.

            g.Ajaran tentang Negara
                        Menurut Aristiteles negara akan damai jika rakyatnya damai.adapun tujuan didirikan negara adalah untuk mencapai keselamatan bagi semua penduduknya.manusia pada sifat dasarnya memiliki buruk moral yang hanya dapat dikembangkan melalui hubungan dengan orang lain.

            H. ajaran tentang Ketuhanan
                        Dalam kehidupan Aristoteles ia masih mempercayai akan adanya Tuhan ia menganggap ada tuhan yang memulai semua gerakan di dunia alam ini dan menganggap bahwa tuhan berada dipuncak paling atas.dari tenaga alam Aristoteles membayangkan gerakan bintang dan planet-planet yang memadu geakan di bumi.


KELEBIHAN DAN KELEMAHAN ARISTOTELES

Menurut pendapat saya kelebihan yang di miliki oleh Aristoteles diantaranya adalah sbb:
1.Kecendrungan befikir Aristoteles saintifik nampak dari pandangan-pandangan filsafatnya yang sistematis dan menggunakan metode empiris.
2. Selain memiliki berbagai macam pemikiran dia juga banyak menhasilkan karya-karya hasil penelitian.diantara karya-karya yang di kenal sepeti:anganan(logika),priar Analytics(sologisme),Pasteriar Analytics(sains)dll.
3. Aristoteles memiliki keberanian dalam membuktikan kesalahan atas teori Plato tentang ide,padahal Plato adalah guru dari Aristoteles itu sendiri
4. Aristoteles memandang kebenaran tidak selalu berakhir dengan kematian seperti pada Socrates
5.Aristoteles orang yang pertama membentangkan cara berfikir yang teratur dalam suatu sistem dan ia menjadi pembangun ilmu logika

   Sedangkan kelemahannya “TUHAN”menurut Aristoteles tuhan berhubungan dengan dirinya sendiri.ia tidak berhungan dengan(tidak mempedulikan)alam ini.selain itu Aristoteles juga mengatakan ia bukan pesona ia tidak pernah memperhatikan do’a dan keinginan manusia.Aristoteles juga mengatakan dalam mencintai tuhan kita tidak usah mengharap ia mencintai kita.padahal sama-sama kita ketahui Tuhan adalah yang paling sempurna,maha tinggi yang wajib kita sanjung,dan ia jugalah yang telah menciptakan kita dan hanya kepada dialah kita mohon pertolongan dan dialah yang wajib kita sembah.



“HUBUNGAN ARISTOTELES DENGAN MASA SEKARANG”
   Menurut Aristoteles pelaksanaan etik baru sempurna dalam negara jika antara pemerintahan dan negara saling bergantungan,saling bantu membantu satu sama lain.pada dasarnya manusia itu memempunyai bakat moral,tetapi itu hanya dapat dikembangkan dalam hubungan manusia lain.
   Pendapat Aristoteles dalam bentuk negara sbb:
1.monarki dan bafi leia
2.Aristokrasi
3.Politea/timokrasi
Dalam bentuk pemerintahan negara Aristoteles sangat memandang rendah “DEMOKRASI”sebab demokrasi keahliannya di ganti dengan jumlah,karena sangat mudah tertipu baginya kombinasi antara Aristokrasi dan demokrasi adalah terbaik.
   Jadi kalau kita hubungkan antara negara pemerintahan sekarang,dimana di negara kita ini memakai sistem demokrasi.sedangkan kita lihat pada masa dahulunya yang sangat ditakutkan Aristoteles adalah demokrasi,kenapa?karena bagi Aristoteles lebih mengedepankan orang-orang cerdik dalam pemerintahannya dan ia juga memberi pandangan terhadap negara mengatakan bahwa orang yang mempunyai waktu terluang saja yang boleh bersuara tentang pemerintahan sedangkan sistem demokrasi yang kita liha sekarang banyak melahirkan pencuri ulung,dimana-mana KKN merajalela,sistem pemerintahan yang morat-morit,demo dimana-mana,perkelahian antara pendukung para politik,dan akhirnya rakyatlah yang menjadi korban.sistem politik demokrasi hanya menjadi bumerang dalam negara indonesia,siapa yang kuat dialah “Raja”selain itu di indonesia juga memakai sistem rimba.
   Jadi dapat disimpulkan bahwa hubungan Aristoteles dengan masa sekarang sangat betolak belakang karena Aristoteles lebih mengedepankan orang-orang yang pintar saja dalam pemeintahannya.  
“SUMBER”
Ahmad Tafsir,Dr.,Filsafat Umumu,Rosdakarya,Bandung,1990.
Jo stein Gaarder,Saphie’s World mizan media utama,1997.
Drs.Asmoro Achmadi,Filsafat Umumu,Rajawali Pers.jakarta,1995.
Mohammad Hatta,Alam pikir Yunani,Tintamas,1986.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.