PEMIKIRAN
TEOLOGI HAMKA
PTIM II : Corak Pemikiran Dan sistem Teologi Hamka
PENDAHULUAN
HAMKA adalah muslim tradisionalis sekaligus modernis.
Dia seorang ulama yang istikamah dengan keislamannya, namun sekaligus menjadi
seorang nasionalis yang berwibawa. Beliau adalah tokoh besar Muhammadiyah,
namun juga sangat dekat dengan tradisi NU.
Pada zaman Soekarno, HAMKA adalah ulama pertama yang
membacakan syair-syair Maulud Barjanzi di Istana Negara. Beliau menyanyikan
bait-bait Barjanzi dan menerjemahkan dengan nuansa sastra sufistik yang tinggi.
Barjanzi itu menjadi brand culture orang-orang NU, yang dianggap bid¢ah oleh
lingkungan HAMKA yang Muhammadiyah.
Begitu juga kegemarannya pada dunia mistik-sufistik,
yang juga menjadi karakter ulama tradisonalis NU. Dalam bukunya, Tasawuf Modern
atau Tasawuf dari Abad ke Abad, tampak kelapangan hati antar aliran mistik.
Dalam buku itu, tak ada nada penghukuman, bahkan kepada
pendekar union mystique Al Hallaj. Justru terdapat nukilan, misalnya, tentang
Abu Yazid Al Busthami, seorang sufi, yang datang ke satu misa di gereja dan
bapak pastor di sana
kemudian mengumumkan hadirnya seseorang yang menurut perasaannya bukan orang
sembarangan, dilihat dari aura jiwanya yang kuat.
Karakter keilmuan Islam klasiknya benar-benar sangat
dekat dengan kultur Islam tradisionalis sebagaimana yang melekat pada
ulama-ulama NU, terbukti dengan penguasaannya yang otoritatif terhadap
kitab-kitab salaf. Kefakihan “dirosah Islamiyah” (Islamic studies) yang
dimiliki HAMKA sampai saat ini jarang dimiliki kader-kader Muhammadiyah yang
justru terjebak dalam puritanisme Islam yang radikal-konservatif.
Beliau disebut seorang Ulama, Politisi dan juga
Sastrawan. Dibalik dari pada itu beliau juga memiliki corak pemikiran kalam
tersendiri yang perlu kita kaji lebih jauh lagi pemikiran beliau ini.
PEMBAHASAN
CORAK PEMIKIRAN
DAN SISTEM TEOLOGI
BUYA HAMKA
A.
Riwayat Hidup dan Pemikiran
Buya Hamka seorang ulama, politisi dan sastrawan besar
yang tersohor dan dihormati di kawasan Asia.
HAMKA adalah akronim namanya Haji Abdul Malik bin Abdul Karim Amrullah. Lahir
di kampung Molek, Maninjau, Sumatera Barat, 17 Februari 1908 dan meninggal di
Jakarta 24 Juli 1981.Dia diberikan sebutan Buya, yaitu panggilan buat orang
Minangkabau yang berasal dari kata abi, abuya dalam bahasa Arab, yang berarti
ayah kami, atau seseorang yang dihormati. Ayahnya, Syeikh Abd ul Karim bin
Amrullah,yang akrab di sapa Inyiak Rasul, seorang pelopor Gerakan Islam
(tajdid) di Minangkabau, sekembalinya dari Makkah 1906.
HAMKA mendapat pendidikan rendah di Sekolah Dasar
Maninjau sehingga Darjah Dua. Ketika usia HAMKA mencapai 10 tahun, ayahnya
telah mendirikan Sumatera Thawalib di Padang Panjang. Di situ HAMKA mempelajari
agama dan mendalami bahasa Arab. HAMKA juga pernah mengikuti pengajaran agama
di surau dan masjid yang diberikan ulama terkenal seperti Syeikh Ibrahim Musa,
Syeikh Ahmad Rasyid, Sutan Mansur, R.M. Surjoparonto dan Ki Bagus Hadikusumo.
Hamka mula-mula bekerja sebagai guru agama pada tahun
1927 di Perkebunan Tebing Tinggi, Medan
dan guru agama di Padangpanjang pada tahun 1929. HAMKA kemudian dilantik
sebagai dosen di Universitas Islam, Jakarta
dan Universitas Muhammadiyah, Padangpanjang dari tahun 1957 hingga tahun 1958.
Setelah itu, beliau diangkat menjadi rektor Perguruan Tinggi Islam, Jakarta dan Profesor Universitas Mustopo, Jakarta. Dari tahun 1951 hingga tahun 1960,
beliau menjabat sebagai Pegawai Tinggi Agama oleh Menteri Agama Indonesia,
tetapi meletakkan jabatan itu ketika Sukarno menyuruhnya memilih antara menjadi
pegawai negeri atau bergiat dalam politik Majlis Syura Muslimin Indonesia
(Masyumi).
Hamka adalah seorang otodidiak dalam berbagai bidang
ilmu pengetahuan seperti filsafat, sastra, sejarah, sosiologi dan politik, baik
Islam maupun Barat. Dengan kemahiran bahasa Arabnya yang tinggi, beliau dapat
menyelidiki karya ulama dan pujangga besar di Timur Tengah seperti Zaki
Mubarak, Jurji Zaidan, Abbas al-Aqqad, Mustafa al-Manfaluti dan Hussain Haikal.
Melalui bahasa Arab juga, beliau meneliti karya sarjana Perancis, Inggris dan
Jerman seperti Albert Camus, William James, Sigmund Freud, Arnold Toynbee, Jean
Paul Sartre, Karl Marx dan Pierre Loti. Hamka juga rajin membaca dan
bertukar-tukar pikiran dengan tokoh-tokoh terkenal Jakarta seperti HOS
Tjokroaminoto, Raden Mas Surjoparonoto, Haji Fachrudin, Ar Sutan Mansur dan Ki
Bagus Hadikusumo sambil mengasah bakatnya sehingga menjadi seorang ahli pidato
yang handal.
Hamka juga aktif dalam gerakan Islam melalui pertubuhan
Muhammadiyah. Beliau mengikuti pendirian Muhammadiyah mulai tahun 1925 untuk
melawan khurafat, bidaah, tarekat dan kebatinan sesat di Padang Panjang. Mulai
tahun 1928, beliau mengetuai cabang Muhammadiyah di Padang Panjang. Pada tahun
1929, Hamka mendirikan pusat latihan pendakwah Muhammadiyah dan dua tahun
kemudian beliau menjadi konsul Muhammadiyah di Makassar. Kemudian beliau
terpilih menjadi ketua Majlis Pimpinan Muhammadiyah di Sumatera Barat oleh
Konferensi Muhammadiyah, menggantikan S.Y. Sutan Mangkuto pada tahun 1946.
Beliau menyusun kembali pembangunan dalam Kongres Muhammadiyah ke-31 di
Yogyakarta pada tahun 1950.
Pada tahun 1953, Hamka dipilih sebagai penasihat
pimpinan Pusat Muhammadiah. Pada 26 Juli 1977, Menteri Agama Indonesia, Prof.
Dr. Mukti Ali melantik Hamka sebagai ketua umum Majlis Ulama Indonesia tetapi
beliau kemudiannya meletak jawatan pada tahun 1981 karena nasihatnya tidak
dipedulikan oleh pemerintah Indonesia.
Kegiatan politik HAMKA bermula pada tahun 1925 apabila
beliau menjadi anggota parti politik Sarekat Islam. Pada tahun 1945, beliau
membantu menentang kemaraan kembali penjajah Belanda ke Indonesia melalui pidato dan menyertai kegiatan
gerila di dalam hutan di Medan.
Pada tahun 1947, HAMKA dilantik sebagai ketua Barisan Pertahanan Nasional, Indonesia.
Beliau menjadi anggota Konstituante Masyumi dan menjadi pemidato utama dalam
Pilihan Raya Umum 1955. Masyumi kemudiannya diharamkan oleh pemerintah Indonesia pada
tahun 1960. Dari tahun 1964 hingga tahun1966, HAMKA telah dipenjarakan oleh
Presiden Sukarno kerana dituduh pro-Malaysia. Semasa dipenjarakanlah maka
beliau mula menulis Tafsir al-Azhar yang merupakan karya ilmiah terbesarnya.
Setelah keluar dari penjara, HAMKA dilantik sebagai ahli Badan Musyawarah
Kebajikan Nasional, Indonesia, anggota Majlis Perjalanan Haji Indonesia dan
anggota Lembaga Kebudayaan Nasional, Indonesia.
Selain aktif dalam soal keagamaan dan politik, HAMKA
merupakan seorang wartawan, penulis, editor dan penerbit. Sejak tahun 1920-an
lagi, HAMKA menjadi wartawan beberapa buah akhbar seperti Pelita Andalas,
Seruan Islam, Bintang Islam dan Seruan Muhammadiyah. Pada tahun 1928, beliau
menjadi editor majalah Kemajuan Masyarakat. Pada tahun 1932, beliau menjadi
editor dan menerbitkan majalah al-Mahdi di Makasar. HAMKA juga pernah menjadi
editor majalah Pedoman Masyarakat, Panji Masyarakat dan Gema Islam.
Hamka juga menghasilkan karya ilmiah Islam dan karya
kreatif seperti novel dan cerpen. Karya ilmiah terbesarnya ialah Tafsir
al-Azhar (5 jilid) dan antara novel-novelnya yang mendapat perhatian umum dan
menjadi buku teks sastera di Malaysia
dan Singapura termasuklah Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck, Di Bawah Lindungan
Kaabah dan Merantau ke Deli.
Hamka pernah menerima beberapa anugerah pada peringkat
nasional dan antarabangsa seperti anugerah kehormatan Doctor Honoris Causa,
Universitas al-Azhar, 1958; Doktor Honoris Causa, Universitas Kebangsaan
Malaysia, 1974; dan gelaran Datuk Indono dan Pengeran Wiroguno daripada
pemerintah Indonesia.
Hamka telah pulang ke rahmatullah pada 24 Juli 1981,
namun jasa dan pengaruhnya masih terasa sehingga kini dalam memartabatkan agama
Islam. Beliau bukan sahaja diterima sebagai seorang tokoh ulama dan sasterawan
di negara kelahirannya, malah jasanya di seluruh alam Nusantara, termasuk Malaysia dan
Singapura, turut dihargai.
Daftar
Karya Buya Hamka
- Khatibul Ummah, Jilid 1-3. Ditulis dalam huruf Arab.
- Si Sabariah. (1928)
- Si Sabariah. (1928)
- Pembela Islam (Tarikh Saidina Abu Bakar Shiddiq),1929.
- Adat Minangkabau dan agama Islam (1929).
- Ringkasan tarikh Ummat Islam (1929).
- Kepentingan melakukan tabligh (1929).
- Hikmat Isra' dan Mikraj.
- Arkanul Islam (1932) di Makassar.
- Laila Majnun (1932) Balai Pustaka.
- Majallah 'Tentera' (4 nomor) 1932, di Makassar.
- Majallah Al-Mahdi (9 nomor) 1932 di Makassar.
- Mati mengandung malu (Salinan Al-Manfaluthi) 1934.
- Di Bawah Lindungan Ka'bah (1936) Pedoman Masyarakat, Balai Pustaka.
- Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck (1937), Pedoman Masyarakat, Balai
Pustaka.
- Di Dalam Lembah Kehidupan 1939, Pedoman Masyarakat, Balai Pustaka.
- Merantau ke Deli (1940), Pedoman Masyarakat, Toko Buku Syarkawi.
- Margaretta Gauthier (terjemahan) 1940.
- Tuan Direktur 1939.
- Dijemput mamaknya,1939.
- Keadilan Ilahy 1939.
- Tashawwuf Modern 1939.
- Falsafah Hidup 1939.
- Lembaga Hidup 1940.
- Lembaga Budi 1940.
- Majallah 'SEMANGAT ISLAM' (Zaman Jepun 1943).
- Majallah 'MENARA' (Terbit di Padang Panjang), sesudah revolusi 1946.
- Negara Islam (1946).
- Islam dan Demokrasi,1946.
- Revolusi Pikiran,1946.
- Revolusi Agama,1946.
- Adat Minangkabau menghadapi Revolusi,1946.
- Dibantingkan ombak masyarakat,1946.
- Didalam Lembah cita-cita,1946.
- Sesudah naskah Renville,1947.
- Pidato Pembelaan Peristiwa Tiga Maret,1947.
- Menunggu Beduk berbunyi,1949 di Bukittinggi, Sedang Konperansi Meja
Bundar.
- Ayahku,1950 di Jakarta.
- Mandi Cahaya di Tanah Suci. 1950.
- Mengembara Dilembah Nyl. 1950.
- Ditepi Sungai Dajlah. 1950.
- Kenangan-kenangan hidup 1,autobiografi sejak lahir 1908 sampai tahun
1950.
- Kenangan-kenangan hidup 2.
- Kenangan-kenangan hidup 3.
- Kenangan-kenangan hidup 4.
- Sejarah Ummat Islam Jilid 1,ditulis tahun 1938 diangsur sampai 1950.
- Sejarah Ummat Islam Jilid 2.
- Sejarah Ummat Islam Jilid 3.
- Sejarah Ummat Islam Jilid 4.
- Pedoman Mubaligh Islam,Cetakan 1 1937 ; Cetakan ke 2 tahun 1950.
- Pribadi,1950.
- Agama dan perempuan,1939.
- Muhammadiyah melalui 3 zaman,1946,di Padang Panjang.
- 1001 Soal Hidup (Kumpulan karangan dr Pedoman Masyarakat, dibukukan
1950).
- Pelajaran Agama Islam,1956.
- Perkembangan Tashawwuf dr abad ke abad,1952.
- Empat bulan di Amerika,1953 Jilid 1.
- Empat bulan di Amerika Jilid 2.
- Pengaruh ajaran Muhammad Abduh di Indonesia (Pidato di Kairo 1958),
utk Doktor Honoris Causa.
- Soal jawab 1960, disalin dari karangan-karangan Majalah GEMA ISLAM.
- Dari Perbendaharaan Lama, 1963 dicetak oleh M. Arbie, Medan; dan
- 1982 oleh Pustaka Panjimas, Jakarta.
- Lembaga Hikmat,1953 oleh Bulan Bintang, Jakarta.
- Islam dan Kebatinan,1972; Bulan Bintang.
- Fakta dan Khayal Tuanku Rao, 1970.
- Sayid Jamaluddin Al-Afhany 1965, Bulan Bintang.
- Ekspansi Ideologi (Alghazwul Fikri), 1963, Bulan Bintang.
- Hak Asasi Manusia dipandang dari segi Islam 1968.
- Falsafah Ideologi Islam 1950(sekembali dr Mekkah).
- Keadilan Sosial dalam Islam 1950 (sekembali dr Mekkah).
- Cita-cita kenegaraan dalam ajaran Islam (Kuliah umum) di Universiti
Keristan 1970.
- Studi Islam 1973, diterbitkan oleh Panji Masyarakat.
- Himpunan Khutbah-khutbah.
- Urat Tunggang Pancasila.
- Doa-doa Rasulullah S.A.W,1974.
- Sejarah Islam di Sumatera.
- Bohong di Dunia.
- Muhammadiyah di Minangkabau 1975,(Menyambut Kongres
- Muhammadiyah di Padang).
- Pandangan Hidup Muslim,1960.
- Kedudukan perempuan dalam Islam,1973.
- Tafsir Al-Azhar [1] Juzu' 1-30, ditulis pada saat dipenjara
B.
Pemikiran Teologi Hamka
Kalau kita mengakaji corak pemikiran Teologi Buya
Hamka,kita bisa melihat dalam beberapa tafsirannya atas ayat terkesan sebagai
pemikir kalam rasional – Namun disamping itu tidak pula mengatakannya beliau
ini cenderung kepada Mu'tazilah - yang memberi tekanan kuat pada kemerdekaan
manusia dalam berkehendak dan berbuat. Sikap teologis ini melahirkan semangat
kerja keras dan tidak mau menyerah pada keadaaan dalam diri Buya Hamka,
sehingga mematri kredo hidupnya dengan ungkapan "sekali berbakti sesudah
itu mati".
Dalam bukunya Bapak Dr Yunan Yusuf beliau meneliti
delapan masalah kalam, yakni: (1) kekuatan akal; (2) fungsi wahyu; (3) free
will dan predestination; (4) konsep iman; (5) kekuasaan dan kehendak mutlak
Tuhan; (6) keadilan Tuhan; (7) perbuatan-perbuatan Tuhan; dan (8) sifat-sifat
Tuhan. Semua entri point ini membuktikan bahwa Buya Hamka dalam dua masalah
pertama menganut aliran Maturidiyah Bukhara, sedangkan enam masalah terakhir
sejalan dengan aliran Mu'tazilah.
Dalam masalah "free will" dan
"predestination" serta konsep iman, Bapak Dr. Yunan menemukan
pemikiran Hamka tentang kebebasan manusia dalam berkehendak dan berbuat. Dengan
akalnya manusia bisa menimbang mana yang buruk dan mana yang mendatangkan
kebaikan. Namun, Buya Hamka tetap mengakui jangkauan takdir sebagai manifestasi
dari kekuasaan Tuhan. Dengan kata lain, secara metaforis bisa dinyatakan bahwa
"malam bercermin kitab suci, siang bertongkatkan besi".
Sejalan dengan itu, konsep iman tidak hanya meniscayakan
sekedar tasdiq tetapi juga ma'rifah dan 'amal. Ini didasarkan pada keberadaan
teologi sebagai sebuah paham keagamaan yang akan menentukan bentuk watak sosial
penganutnya, serta memberi warna pada tindakan dan tingkah laku dalam setiap
aspek kehidupannya, yang pada gilirannya akan memberikan arah pada jalan hidup
itu sendiri.
Adapun kekuasaan dan kehendak mutlak Tuhan dibatasi oleh
kebebasan memilih (ikhtiyar) berdasarkan pertimbangan akal yang diberikan Tuhan
kepada manusia. Inilah yang meniscayakan kekuasaan dan kehendak mutlak Tuhan
tidak berlaku sepenuhnya. Dengan kata lain, pemberian akal bagi manusia tidak
mempunyai arti, bila manusia tidak diberikan kebebasaan untuk memilih.
Sementara, keadilan Tuhan didefinisikan oleh Buya Hamka sebagai balasan atas semua perbuatan manusia, meskipun sebesar zarrah (bentuk terkecil benda) sekalipun. Kezaliman mustahil bagi Allah, walau tidak ada yang kuasa membendung jika memang Allah menghendaki.
Sementara, keadilan Tuhan didefinisikan oleh Buya Hamka sebagai balasan atas semua perbuatan manusia, meskipun sebesar zarrah (bentuk terkecil benda) sekalipun. Kezaliman mustahil bagi Allah, walau tidak ada yang kuasa membendung jika memang Allah menghendaki.
Hal ini erat kaitannya dengan keyakinan Hamka bahwa
perbuatan-perbuatan Tuhan terletak pada kewajiban-Nya untuk melakukan yang
baik. Paham ini dibangun dari realitas alam semesta yang berlaku atas Hikmah
Kebijaksanaan Yang Maha Tinggi. Bila tidak, mungkin sampai sekarang kita tidak
bisa hidup dalam siklus kehidupan alam yang berjalan normal dan baik.
Penafsiran Buya Hamka atas Sifat-sifat Tuhan sejalan
dengan pemikiran rasional ketika berbicara tentang antropomorfisme. Kata-kata
"wajh" berarti zat Allah dan ridha-Nya, "yad" adalah
kekuasaan dan restu-Nya, "yamin" berarti hakekat "qudrat
ilâhiyat"-Nya, "ja'a rabbuka" ditafsirkan dengan telah datang
ketentuan atau perintah Tuhan, dan beberapa contoh lainnya. Sikap Buya Hamka
ini dipengaruhi oleh tafsiran surat
Ali Imran ayat 7 bahwa Tuhan tidak melarang untuk menakwilkan ayat-ayat
mutasyâbihât (samar).
Adapun dalam masalah ru'yatullah (melihat Allah), Hamka
terlihat menganut paham rasional bahwa Tuhan tidak dapat dilihat dengan mata
kepala kelak di akhirat, melainkan dengan mata hati, karena kitapun belum mampu
melihat alam semesta, baik yang berada di dalam maupun di luar diri kita
sendiri.
Dalam memahami masalah kemakhlukan al-Qur'an, Hamka
marangkum kedua aliran, baik yang rasional maupun tradisional, dengan
kecenderungan untuk menghindarkan diri dari perdebatan ilmu kalam. Dia
menghimbau agar Mu'tazilah dan Ahlus Sunnah modern tidak bertengkar lagi
tentang masalah ini.
Semua pandangan Buya Hamka dalam menafsirkan ayat yang
erat kaitannya dengan pemikiran kalam ini berlandaskan pada sikap untuk mencari
alternatif atas perdebatan klasik seputar masalah kalam. Ia menyebutnya dengan
"jalan tengah", yakni tidak mempersoalkan secara tajam perbedaan
dalam hal tersebut, yang seringkali terjebak pada buaian konflik berkepanjangan
tanpa menyuguhkan manfaat praktis bagi umat.
Dalam bukunya Bapak Dr.Yunan Yusuf Beliau Terkesan
sangat hati-hati untuk mengklaim Hamka sebagai penganut Mu'tazilah, karena Buya
Hamka selalu menyebut dirinya sebagai penganut Ahlus Sunnah wal Jama'ah.
Pemikiran kalamnya yang identik dengan pemikiran Mu'tazilah tersebut,
kelihatannya lebih dipengaruhi oleh realitas kontemporer yang menuntut tindakan
atas dasar rasio serta mendahulukan inisiatif pribadi atas pertimbangan
tradisi, atau sikap rasional dengan pijakan kuat pada nash-nash agama. Hal ini
dianggap sebagai jalan terbaik untuk memacu berbagai ketertinggalan umat Islam.
PENUTUP
Kesimpulan
Dalam corak dan sisitem Teologi Buya Hamka ia terkesan
seorang yang Rasional, namun Bukan berarti beliau ini cenderung kepada
Mu'tazilah. Dalam delapan masalah Teologi , Yaitu (1) kekuatan akal; (2) fungsi
wahyu; (3) free will dan predestination; (4) konsep iman; (5) kekuasaan dan
kehendak mutlak Tuhan; (6) keadilan Tuhan; (7) perbuatan-perbuatan Tuhan; dan
(8) sifat-sifat Tuhan. Buya Hamka dalam dua masalah pertama menganut aliran
Maturidiyah Bukhara, sedangkan enam masalah terakhir sejalan dengan aliran
Mu'tazilah.
Ringkasnya dari segi teologi kita tidak bisa mengklaim
Hamka sebagai penganut Mu'tazilah, karena Buya Hamka selalu menyebut dirinya
sebagai penganut Ahlus Sunnah wal Jama'ah. Pemikiran kalamnya yang identik
dengan pemikiran Mu'tazilah tersebut, kelihatannya lebih dipengaruhi oleh
realitas kontemporer semata yang menuntut tindakan atas dasar rasio serta
mendahulukan inisiatif pribadi atas pertimbangan tradisi, atau sikap rasional
dengan pijakan kuat pada nash-nash agama. Hal ini dianggap sebagai jalan
terbaik untuk memacu berbagai ketertinggalan umat Islam.
DAFTAR
PUSTAKA
http://www.psq.or.id/perpustakaan_detail.asp?mnid=31&id=5
Yusuf, Yunan, Corak Pemikiran Kalam Tafsir Al-Azhar, Penerbit
Pustaka Panjimas, Jakarta
Th 1990
0 comments:
Post a Comment